...

Cara Membuat Makanan Cakwe

Cara Membuat Makanan Cakwe

Cara Membuat Makanan Cakwe 

Cara membuat cakwe - Salah satu makanan / kue yang enak yaitu cakwe.  Selain memiliki rasa yang enak cakwe juga bertekstur lembut. Namun untuk membuat makanan yang satu ini diperlukan waktu yang cukup lama jadi diperlukan kesabaran untuk menghasilkan cakwe yang sempurna. Cakwe sempurna yaitu cakwe yang berwarna kuning agak coklat, bagian dalam cakwe tidak berongga, tidak padat / lembut, di bagian luar renyah dan bagian dalam agak kenyal.

Bahan bahanmembuat cakwe :

1 sendok makan Baking powder
1 sendok teh baking soda
400 ml air
½ kg tepung terigu
1 ½  sendok teh garam
Minyak goreng

Cara membuat cakwe :

Campur baking soda, baking powder, serta garam ke dalam suatu wadah. Kemudian tambahkan air sambil di aduk merata. Selanjutnya masukkan tepung terigu, aduk kembali hingga tercampur rata. Diamkan 20 menit.

Bersihkan adonan yang terdapak pada samping wadah , campurkan ke adonan tadi dan aduk lagi hingga rata , diamkan lagi 15 menit.

Ulangi langkah tadi hingga 3 sampai 4 kali sampai adonan menjadi elastit.

Baliklah adonan tadi dan lumuri sedikit minyak goreng di permukaan supaya adonan terjaga kelembabannya. Diamkan selama satu jam.

Ambil adonan dari wadah kemudian adonan di bungkus dengan menggunakan plastik dan bentuklah persegi panjang. Jika sudah diamkan lagi selama kurang lebih 4 jam.

Bila  sudah 4 jam buka buka plastik yang membungkus adonan tadi.

Siapkan batang kayu bulat. Tekan tekan adonan menggunakan kayu dan bentuk adonan menjadi persegi panjang , dengan panjang 6 cm dan tebal 15 mm.

Kemudian potong adonan yang sudah di pipihkan tadi dengan lebar 0.75 cm hingga semua habis. Setelah itu tumpuk satu potongan dengan potongan yang lain. 

Ambil tusuk sate dan tekan tekan bagian tengahnya yang panjang. Sehingga di didapatkan kedua potongan tadi menempel menjadi satu. Lakukan pada semua potongan yang ada

Jika sudah selesai semua, panaskan minyak dan dengan api sedang.

Ambil potongan adonan yang tadi lalu tarik pelan pelan dan perlahan sampai kira kira 20 cm namun jangan sampai putus. Lalu masukkan ke minyak panas dan goreng sambil di bolak balik hingga cakwe menjadi berwarna coklat

Angkat cakwe, dan cakwe siap disajikan.Demikian artikel cara membuat cakwe yang ruangcara ulas,semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

...

About Us

...